Desain kemasan makanan khas Lampung

Assalamualaikum wr.wb.
Perkenalkan saya Efa Andriani dari SMK PGRI pasir sakti disini saya sedang menjalankan prakerin di tempat kursus komputer terbaik Lampung yaitu Metro Techno Solution.
Kali ini saya akan mempresentasikan bagaimana cara mendesain sebuah kemasan produk makanan khas  Lampung. Makanan khas Lampung identik dengan pisang. Kali ini produk yang akan didesain yaitu Punti Lilih Bangik.
Disini saya sudah membuat desain untuk ukuran halaman muka total keseluruhan 33,57 cm dan ukuran tinggi nya 33,0 cm. Untuk membuat langkah langkah desain ini kita akan bagi untuk halaman samping kiri, halaman muka, samping kanan, tampak bawah dan pengait.

Langkah awal yaitu mempersiapkan Corel draw X7 ukuran 33,57 +33,0.
Kemudian tarik ractangge toolnya lalu isi dimensi 4,80 cm.
Kemudian buat lagi dimensi samping atau tampak mukanya dengan ukuran 10,0 cm lalu buat dua bagian.
Buat dimensi kotak dengan ukuran tinggi 4,40 cm, tarik not.
Klik shape tool untuk membuat oval dan kita buat kurvanya dengan klik kanan > convert to curva atau ctrl + i. Kemudian pilih point yang akan dibentuk kemudian arahkan kedalam lalu sesuaikan dengan kebutuhan kemudian yang sebelah kanan juga sama. Langkat diatas digunakan untuk membuat pengait untuk lobang yang disiapkan.

Kemudian buat pengait lainnya dengan ukuran tinggi 49,4 kemudian tarik not ke atas. Kemudian copy paste untuk bagian dalam, lalu tarik ke dalam, setelah itu buat dimensi untuk dapat sebagai kurva. Dengan cara to curva lalu tarik sesuai kebutuhan lalu copy paste dan turunkan ke bawah.

Kemudian buat tampak kanan yaitu cukup copy paste dari tampak kiri halaman tersebut. Copy lalu paste lalu tarik kearah kanan. Untuk yang tampak bawah sama dengan tampak kanan hanya saja berbeda di pengaitnya. Delete pada bagian informasi nilai gizi karena bentuknya berbeda dan ada lebih nya sedikit kurang lebih 0,3 ml, buat kotak dengan tinggi 4,7 cm kemudian tarik not lalu copy paste lagi di not dengan ukuran 4,6 cm lalu buat garis bantu dengan ukuran 0,5 cm. Lalu buat garis pengait dengan ukuran 0,7 cm, lalu copy paste untuk membuat garis tekukan, kemudian klik pen lalu tarik garis, lalu delete garis bantu dan tarik pen lagi lalu copy paste lalu mirror lalu tarik ke bagian kanan. Kemudian buat pengait yang fungsinya untuk mengunci dengan ukuran lebar 4,0 cm tinggi 0,3 cm lalu copy paste letakkan pada kaitan kemudian gunakan titik titik untuk tanda pengait. Copy paste untuk kotak pada bagian tengah dan letakkan di bagian kanan/tampak bawah. Kemudian copy paste mirror pada keseluruhan pada bagian pengait ke bawah.

Lalu buat warna sesuai selera, kemudian masukkan nilai gizi. Copy paste tulisan komposisi, kemudian tempelkan pada gambar kemudian tulis informasi, nilai gizi dan sesuai kan ukuran tulisan agar lebih menarik. Kemudian copy paste barkode kemudian di letakkan di bagian bawah kemasan. Masukkan informasi blog seperti logo siger lampung, logo kode premium, copy paste tulisan yang setelah dibuat kemudian buat mirror. Kemudian copy paste gambar pisang dan letakkan dan masukkan juga logo produk halal dan sesuai kan. Buat gambar kotak kotak dan letakkan dan atur ukuran kotak kemudian copy kan ke aksara Lampung.

Jika teman teman bingung bagaimana mempraktekkan nya langsung teman teman bisa langsung lihat video dibawah ini.

Oke teman teman itu saja yang dapat saya sampaikan semoga bermanfaat...

Komentar